Titik genangan air di Jakarta diperkirakan turun 53,3% tahun ini

Dari 30 lokasi genangan air tahun lalu, diperkirakan jumlahnya tinggal 14 titik tahun ini.

Petugas Suku Dinas Sumber Daya Air Jakarta Selatan mengerjakan proyek perbaikan turap untuk mengantisipasi banjir di Kali Cabang Tengah, Jagakarsa, Jakarta, Senin (4/11)./ Antara Foto

Pemprov DKI Jakarta memperkirakan jumlah genangan berulang pada musim hujan tahun ini mengalami penurunan. Kepala Dinas Sumber Daya Air Juaini Yusuf mengatakan, penurunan diperkirakan sebesar 53,3%.

Menurutnya, jumlah lokasi genangan berulang pada 2017-2018 adalah sebanyak 30 titik. Tahun ini, jumlahnya diperkirakan menyusut 16 titik, menjadi hanya 14 lokasi saja.

"Dari 14 lokasi, ada tujuh lokasi dalam proses penanganan dan tujuh lokasi lainnya potensi ada genangan," ujar Juaini saat dihubungi jurnalis Alinea.id, Selasa (5/11).

Dia mengatakan, 14 lokasi tersebut tersebar secara merata di lima wilayah Ibu Kota. Karena itu, pihaknya telah mengerahkan ribuan personel satuan tugas banjir yang tersebar di lima wilayah DKI Jakarta, yaitu Jakarta Timur, Jakarta Selatan, Jakarta Barat, Jakarta Utara, dan Jakarta Pusat.

"Jumlahnya sekitar 7.899 personel satgas banjir," kata Juaini.