TNI AU kerahkan alutsista dan personel bantu korban banjir Kalsel

Pesawat jenis C-130 Herkules diberangkatkan melalui Pangkalan Udara Halim Perdanakusuma, Jakarta, Sabtu (16/1).

Sebanyak 21.990 jiwa terdampak banjir di Kabupaten Tanah Laut, Provinsi Kalimantan Selatan akibat hujan dengan intensitas tinggi menyebabkan air sungai di Kecamatan Pelaihari meluap yang terjadi pada Minggu (3/1) pukul 10.30 WITA. Foto Humas BNPB

TNI Angkatan Udara menerbangkan pesawatnya ke Banjarmasin, Kalimantan Selatan (Kalsel), untuk membantu korban banjir. Pesawat jenis C-130 Herkules diberangkatkan melalui Pangkalan Udara Halim Perdanakusuma, Jakarta, Sabtu (16/1).

Menurut Kepala Dinas Penerangan TNI AU Marsma Indan Gilang B, operasi kemanusiaan tersebut perintah Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto.

"Untuk memberangkatkan alutsista dan personel guna membantu korban bencana alam di Kalimantan Selatan maupun Sulawesi Barat," ujarnya secara tertulis, Sabtu (16/1).

Adapun pesawat TNI AU yang dilibatkan adalah A-1327 dari Skadron Udara 31 dengan membawa perahu karet dan bantuan logistik. Selain itu, pesawat A-1330 dari Skadron Udara 33 membawa bantuan logistik dan personel.

"Kedua pesawat tersebut sudah berangkat menuju Banjarmasin, Kalimantan Selatan, guna membantu korban terdampak bencana banjir," jelasnya.