Tol Trans Jawa arah Jakarta dibuka satu arah

Tol Trans Jawa arah Jakarta mulai dibuka satu arah (one way) pukul 14.05 hari ini untuk arus balik. One way berlaku hingga 10 Juni 2019.

PT Jasa Marga (Persero) Tbk. (JSMR) mulai menerapkan rekayasa lalu lintas satu arah (one way) di tol Jakarta-Cikampek dari arah timur menuju arah Jakarta hari ini sejak pukul 14.05 WIB. Hal ini untuk mengantisipasi lonjakan kendaraan pada arus balik Lebaran 2019.

Corporate Communications Department Head Jasa Marga Irra Susiyanti mengatakan langkah ini sesuai diskresi Korlantas Polri. Adapun pemberlakuan one way tersebut dimulai dari titik awal KM 414 Gerbang Tol (GT) Kalikangkung sampai dengan KM 70 GT Cikampek Utama.

Pemberlakuan one way hari pertama pada periode arus balik Lebaran 2019 ini mundur dua jam lima menit. Sebelumnya, diumumkan penerapan one way akan dimulai pada pukul 12.00 WIB.

Irra mengatakan, mundurnya penerapan ini mempertimbangkan ramainya lalu lintas di kedua arah, baik arah Jakarta maupun arah Cikampek, yang masih seimbang hingga menjelang tengah hari.

"Selain itu, penundaan jam pemberlakuan satu arah juga disebabkan oleh sebagian besar pengguna jalan juga masih memanfaatkan rest area di jalur arah Cikampek untuk sholat Jumat sehingga pembersihan (sweeping) jalur arah Cikampek baru akan dilaksanakan setelah waktu salat Jumat selesai," kata Irra dalam siaran pers yang diterima Alinea.id, Jumat (7/6).