Tol Jakarta-Cikampek, momok menakutkan tiap mudik lebaran

Harapan akan mudik lancar belum bisa terwujud tahun ini. Tol Jakarta-Cikampek masih seperti yang dulu..

Ratusan kendaraan antre memasuki Gerbang Tol Cikampek Utama, Cikampek, Jawa Barat, Rabu (29/5). / Antara Foto

Harapan masyarakat akan perjalanan mudik yang lancar sempat melambung saat pemerintah menggemborkan ruas-ruas jalan tol di lintas Jawa dan Sumatera sudah siap digunakan untuk musim Lebaran 2019. Di beberapa hari menjelang lebaran, media nasional dan linimasa juga cukup ramai dengan kabar jalur mudik bebas macet tahun ini.

Sayangnya, pada H1 dan H2 lebaran, banyak dari masyarakat, khususnya mereka yang mudik menuju selatan Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Jawa Timur justru terjebak dalam kemacetan yang parah di beberapa ruas jalan tol. 

Kepadatan kendaraan terparah tahun ini kembali terjadi di ruas Jalan Tol Jakarta-Cikampek. Ruas tol ini memang menjadi momok menyeramkan setiap tahun di musim lebaran.

Antrean panjang menuju tempat beristirahat (rest area) dan gerbang tol jadi pemandangan lagi. Paling parah, banyak pengemudi yang tidak bisa mencapai rest area memilih untuk beristirahat di bahu jalan karena lelah yang tak tertahan.

Awalnya, Ellen Piri akan mengira perjalanan mudiknya menggunakan mobil via jalan tidak akan menemukan kesulitan. Pasalnya, sebelum itu ia sempat melihat pemberitaan yang menyebutkan bahwa jalur Tol Cikampek relatif lancar.