Tolak kenaikan BBM, massa GNPR kepung Medan Merdeka Barat

Komarudin menambahkan, pihaknya saat ini tengah melakukan penelusuran lebih lanjut terkait massa aksi yang terlibat dalam bentrokan tersebut

Tolak kenaikan BBM, massa GNPR kepung Medan Merdeka Barat. Foto Gempita Surya/Alinea

Ratusan pendemo yang mengatasnamakan diri sebagai Gerakan Nasional Pembela Rakyat (GNPR), menggelar aksi unjuk rasa terkait kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM). Aksi dilaksanakan di kawasan Patung Kuda Arjuna, Jakarta Pusat, Senin (12/9).

Pantauan Alinea.id, massa aksi bergerak menuju Jalan Medan Merdeka Barat sekitar pukul 13.05 WIB. Sebuah spanduk bertuliskan "Aksi Bela Rakyat" terpasang di mobil komando yang memimpin rombongan di bagian depan.

Selain itu, spanduk tersebut juga memuat tiga tuntutan dari aksi kali ini. Ketiga tuntutan tersebut yakni meminta pemerintah menurunkan harga BBM, menurunkan harga-harga, dan menegakkan supremasi hukum.

"Kita datang ke sini dalam aksi bela rakyat, ingin menyuarakan, kenaikan BBM sangat menyengsarakan rakyat!" seru salah seorang orator dari mobil komando.

Hingga pukul 14.30 WIB, massa aksi masih menyuarakan penolakan. Mobil komando rombongan telah berada di dekat jembatan penyeberangan orang (JPO) pada Jalan Medan Merdeka Barat, tepat sebelum lokasi penyekatan menuju arah Istana Negara yang dijaga ketat aparat gabungan.