Tragedi susur sungai SMPN 1 Turi, Mendikbud ucapkan belasungkawa

Nadiem berharap para orang tua korban diberi ketabahan.

Prosesi pemakaman Khairunnisa Nurcahyani, korban meninggal yang hanyut saat mengikuti kegiatan susur sungai Sempor di Girikerto, Turi, Sleman Yogyakarta, Sabtu (22/2)/Foto Antara Khairunnisa Nurcahyani.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Anwar Makarim menyampaikan belasungkawa atas tragedi yang menimpa siswa SMPN 1 Turi, korban insiden di Sungai Sempor, Slema, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Menteri Nadiem berharap para orang tua korban diberi ketabahan. Siswa-siswa yang mengalami luka serta trauma akibat insiden dalam kegiatan susur sungai itu diharapkan segera mengalami kesembuhan serta pemulihan.

"Saya menyampaikan belasungkawa dari lubuk hati yang paling dalam atas tragedi ini. Semoga orang tua serta keluarga siswa yang menjadi korban jiwa dapat diberi kekuatan menghadapi cobaan ini," ucap Mendikbud Nadiem via rilis yang diterima di Jakarta, Sabtu (22/2).

Tim  Kemendikbud, kata Menteri Nadiem, saat ini telah bekerja sama dengan pemerintah daerah setempat serta berbagai pihak terkait untuk memastikan proses evakuasi dan penanganan para korban menjadi prioritas.

Selain itu, dia meminta Direktorat Pendidikan Anak Usia Dini, Dasar, dan Menengah (Ditjen PAUD Dasmen) dan Tim dari Inspektorat Jenderal untuk segera melakukan investigasi di lapangan.