Tren kasus baru Covid-19 di sejumlah provinsi diklaim alami penurunan

Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Doni Monardo menyebut penurunannya mencapai angka 11%.

Petugas kesehatan menunjukkan sampel saat diagnostik cepat COVID-19 atau Rapid Test di kawasan Pasar Sentra Antasari, Banjarmasin, Kalimantan Selatan, Senin (4/5/2020). Foto Antara/Bayu Pratama S

Laju penambahan kasus baru Covid-19 diklaim telah mengalami penurunan di sejumlah provinsi. Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Doni Monardo bahkan menyebut penurunannya mencapai angka 11%.

“Laju kasus baru menurun sampai 11%, tapi hal ini bukan berarti kita boleh lengah,” kata Doni dalam konferensi pers virtual usai rapat terbatas yang dipimpin Presiden Joko Widodo dari Istana Kepresidenan Bogor, Senin (4/5).

Menurutnya, tren penurunan terjadi di beberapa provinsi yang menerapkan pembatasan sosial berskala besar atau PSBB. Namun Doni tak merinci daerah yang dimaksud dan angka penurunan yang terjadi.

Doni mengatakan, Presiden Jokowi meminta agar pelambatan kasus baru corona tidak menjadikan penerapan protokol kesehatan melemah. Aturan menjaga jarak atau physical distancing, mencuci tangan dengan sabun, tetap harus dilakukan oleh seluruh masyarakat.

“Hal itu sebagaimana kebiasaan menyentuh mata, hidung, mulut harus diingatkan jangan sentuh bagian sensitif wajah, harus tahu alasan kenapa enggak cuci tangan, menggunakan masker, ada anggota keluarga yang memiliki mobilitas tinggi,” katanya.