Tujuh pulau di Kepulauan Seribu terkena dampak oil spill

Tumpahan minyak Pertamina terjadi sejak 22 Juli 2019.

Petugas menyelesaikan pemasangan peralatan

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memanggil perwakilan PT Pertamina untuk rapat koordinasi atas tumpahan minyak dari sumur migas Pertamina yang berdampak di Kepulauan Seribu. 

Pertemuan yang berlangsung Jumat (2/8) dihadiri Direktur Hulu Pertamina Dharmawan Syamsu, VP Corporate Communication Pertamina Fajriyah Usman, dan Bupati Kepulauan Seribu selaku Husain Murad.

"Hari ini kami melakukan pertemuan antara Pemprov DKI Jakarta dan pihak Pertamina serta SKK Migas. Kami membahas langkah-langkah penanganan atas oil spill yang terjadi di anjungan YYA North West Java (ONWJ)," ujar Anies di Balai Kota, Jumat (2/8).

Anies berjanji, tim bersama yang termasuk di dalamnya Pemprov DKI Jakarta, Bupati Kepulauan Seribu dan Pertamina akan mendatangi masyarakat yang terkena dampak oil spill di wilayah Kepulauan Seribu. Tim bersama akan berinteraksi langsung dan memastikan bahwa apa yang menjadi masalah dari masyarakat diselesaikan, Anies juga menyebut kalau tim bersama akan bertemu dengan nelayan. 

Bupati Kepulauan Seribu Husain menyebut, terdapat tujuh pulau di Kepulauan Seribu yang terkena dampak pencemaran akibat tumpahan minyak. Tumpahan minyak tersebut terjadi sejak 22 Juli 2019.