UII menggelar gerakan tanam sejuta pohon di sejumlah wilayah Indonesia

Menutup tahun 2021 menjadi momentum yang tepat untuk memulai langkah awal gerakan “UII Bumi Lestari” .

Menutup tahun 2021 menjadi momentum yang tepat untuk memulai langkah awal gerakan “UII Bumi Lestari” . Foto Dokumentasi IKA UII

Ikatan Keluarga Alumni (IKA) UII di seluruh Indonesia secara serentak bersama Universitas Islam Indonesia, menggelar gerakan “UII Bumi Lestari”, Jumat (31/12). Program kolaborasi ini secara kontinyu akan dilakukan dengan target satu juta pohon.

"Kami berharap, kegiatan ini bisa semakin menambah ruang hijau dengan menanam bibit pohon di sekitar kampus dan ruang publik di semua tingkatan sesuai sebaran alumni UII," ujar Ari Yusuf Amir selaku Sekretaris Jenderal DPP IKA UII.

Tak hanya itu, menurutnya gerakan ini secara nyata menjadi kontribusi UII yang berdampak pada pemeringkatan The Impact Ranking dan Greenmetric khususnya kriteria Setting and Infrastructure. Juga turut mengampanyekan gerakan Sustainable Development Goals (SDGs) 2030.

Menutup tahun 2021 menjadi momentum yang tepat untuk memulai langkah awal gerakan “UII Bumi Lestari” yang diterjemahkan sebagai gerakan menanam sejuta pohon, akan dicapai secara bertahap dan berkelanjutan, dengan dimulai menyiapkan kurang lebih 3.000 pohon yang siap ditanam pada gelombang pertama.

“Visi penting lainnya yang berusaha kita sampaikan pada aksi ini adalah, membangun kesadaran bersama, bahwa melestarikan bumi merupakan tanggung jawab kekhalifahan, dan tanggungjawab moral sebagai alumni dari perguruan tinggi Islam. Sekecil apapun gerakan ini, berapa batang pun yang telah disumbangkan dari kawan-kawan alumni dan semua pihak yang mendukung gerakan ini, akan memiliki dampak besar untuk bumi di masa mendatang,” ujarnya.