Uji coba, Polda Metro sebar 45 kamera ETLE baru

Penindakan ETLE berlaku untuk pengemudi kendaraan roda empat.

Pengendara kendaraan bermotor melintas di jalan Urip Sumoharjo, Surabaya, Jawa Timur, Kamis (16/1/2020). Foto Antara/Didik Suhartono.

Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya menggelar uji coba pemberlakuan kamera Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE) terbaru. Terdapat 45 kamera baru yang diujicobakan hari ini.

“Ada 45 kamera baru yang kita ujicoba, semua sudah kita siapkan baik SDM dan lainnya,” ucap Kepala Subdirektorat Pembinan dan Penegakan Hukum Ditlantas Polda Metro Jaya AKBP Fahri Siregar saat dikonfirmasi, Senin (20/7).

Uji coba puluhan kamera ETLE itu juga merupakan sosialisasi, sebelum akhirnya diberlakukan secara resmi memantau pelanggaran para pengemudi kendaraan.

Penindakan dengan kamera ETLE hanya berlaku bagi pengendara mobil yang kedapatan melanggar penggunaan sabuk pengaman, penggunaan telepon genggam, melanggar marka jalan, dan pelat nomor ganjil-genap. 

Nantinya, saat masa ganjil genap sudah diberlakukan kembali, kamera ETLE itu juga akan menindak aturan tersebut. Berikut titik lokasi tambahan 45 kamera Etle terbaru: