Ujian SIM C, Polda Metro hapus manuver zig-zag dan angka 8

Perubahan ujian praktik ini efektif diberlakukan mulai 4 Agustus 2023. Mula-mual diterapkan di Satpas Daan Mogot.

Polda Metro Jaya menghapus manuver zig-zag dan angka 8 dalam ujian praktik pembuatan SIM C. Dokumentasi Polri

Direkrotrat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Metro Jaya resmi menghapus manuver zig-zag dan angka 8 dalam proses ujian surat izin mengemudi (SIM) C atau pengendara sepeda motor. Perubahan ujian praktik efektif diberlakukan mulai Jumat, 4 Agustus 2023.

Dirlantas Polda Metro Jaya, Kombes M. Latif Usman, mengatakan, pihaknya tengah menyosialisasikan perubahan metode ujian praktik pembuatan SIM tersebut. Harapannya, masyarakat memahami seluruh perubahan aturan dan ujian praktik. 

"Intinya, ada beberapa yang dianggap sulit diubah, tapi tidak dikurangi tingkat keselamatan dan kealihannya. Iya, seperti putar balik, kan, ada materinya. Jadi, kami persingkat dalam satu sirkuit," katanya saat dikonfirmasi, Kamis (3/8).

Ia menyampaikan, perubahan ujian praktik SIM C akan dimulai di Satpas Daan Mogot, Cengkareng. Setelah itu, Polres Tangerang Kota, Polres Tangerang Kabupaten, Polres Tangerang Selatan, Polres Depok, dan Polres Bekasi Kota. 

Selain menghilangkan, Ditlantas Polda Metro Jaya membuat perubahan lintasan menjadi sirkuit. Hal ini guna mengakomodasi empat materi ujian praktik dengan ukuran telah diperlebar dan tanpa tes zig-zag.