Umat Nasrani padati Gereja Katedral, Keuskupan: Sungguh menyentuh hati

Pelaksanaan ibadah Natal di masa pandemi Covid-19 sebelumnya sempat dilaksanakan sepenuhnya secara daring tanpa dihadiri umat.

Konferensi pers terkait perayaan Natal 2022 di Gereja Katedral Jakarta, Minggu (25/12) (Alinea.id/Gempita Surya)

Pemerintah Indonesia menyatakan pelaksanaan ibadah Natal 2022 dapat dilaksanakan secara luring dengan kapasitas 100%. Pastor Kepala Gereja Katedral Jakarta Romo Albertus Hani Rudi Hartoko mengatakan, hal ini merupakan suatu peningkatan dari perayaan Natal sebelumnya dalam masa pandemi Covid-19.

"Penyelenggaraan perayaan Natal tahun ini pasti dari sisi kapasitas itu meningkat. Total yang kita sediakan itu baru 2300 sampai 2500an, berarti baru separuh dari kapasitas normal sebelum pandemi," kata Albertus dalam keterangan pers di Gereja Katedral Jakarta, Minggu (25/12).

Disampaikannya, pelaksanaan ibadah Natal di masa pandemi Covid-19 sebelumnya sempat dilaksanakan sepenuhnya secara daring tanpa dihadiri umat. Kemudian berkembang menjadi penyelanggaraan ibadah Natal dengan kapasitas terbatas, hingga saat ini umat bisa lebih leluasa beribadah dengan kebijakan terbaru.

"Saya kira inilah yang menjadi kegembiraan kami, umat sungguh antusias," ujar Albertus.

Albertus menuturkan, meski daya tampung Gereja Katedral Jakarta untuk pelaksanaan ibadah Natal tahun ini baru separuh dari kapasitas sebelum pandemi, namun pihaknya tetap melaksanakan protokol kesehatan sesuai ketentuan yang berlaku.