Unila siap bantu KPK usut kasus suap Rektor Karomani

Ada tiga pejabat Unila yang telah ditetapkan tersangka oleh KPK dalam kasus suap penerimaan mahasiswa baru jalur mandiri TA 2022.

Universitas Lampung (Unila) di Bandarlampung, Lampung, pada Mei 2022. Google Maps/Kharis Bn

Universitas Lampung (Unila) menggelar rapat pada Minggu (21/8) pagi. Pertemuan ini merespons tertangkapnya Rektor Karomani oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dalam operasi tangkap tangan (OTT) kasus penerimaan mahasiswa baru.

Rapat tersebut dihadiri beberapa pejabat kampus, seperti wakil rektor, dekan, direktur pascasarjana, ketua SPI, kepala biro, ketua lembaga, dan tim kerja rektor bidang kehumasan. Pertemuan menghasilkan beberapa poin, salah satunya kooperatif dengan KPK.

"Pimpinan Unila secara transparan siap membantu KPK bila diperlukan," demikian isi keterangan Unila di dalam situs webnya, beberapa saat lalu.

Selain itu, pimpinan Unila akan terus memantau perkembangan kasus ini. Pun menghormati proses hukum oleh KPK dengan mengedepankan asas praduga tak bersalah.

"Pimpinan Unila menjadikan peristiwa memprihatinkan ini untuk memperbaiki sistem dan pengelolaan Unila dengan sebaik-baiknya di masa mendatang," tulisnya lagi.