Upacara HUT RI di pulau reklamasi diikuti 4.000 pegawai Pemprov DKI

Gubernur DKI Anies Baswedan akan bertindak sebagai inspektur upacara.

Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) mengibarkan bendera saat mengikuti latihan Upacara Peringatan Detik-detik Proklamasi 17 Agustus. Antara Foto

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta bakal menggelar upacara bendera untuk memperingati hari kemerdekaan RI yang ke-74 di Pantai Maju Pulau Reklamasi, Jakarta. Upacara nanti akan diikuti oleh ribuan pegawai Pemprov DKI Jakarta.

“Rencananya, pada 17 Agustus nanti akan ada sekitar 4.000 pegawai yang mengikuti upacara bendera karena semua SKPD akan hadir, kecuali yang lima wilayah kota dan satu kabupaten,” kata Kepala Biro Kepala Daerah dan Kerja Sama Luar Negeri DKI Jakarta, Muhammad Mawardi di Jakarta pada Rabu (14/8).

Mawardi mengatakan, pihaknya akan menggelar geladi bersih pada Kamis, (14/8) untuk mempersiapkan upacara pada Sabtu nanti. Selain petugas pengibar bendera atau paskibra, geladi bersih juga diikuti oleh Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD). Adapun yang bertindak sebagai inspektur upacara Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan. 

“Besok kita akan geladi bersih. Nanti ada beberapa orang yang mengikuti geladi, termasuk paskibra dan teman-teman SKPD yang terlibat dalam pelaksanaan apel itu,” ucap Mawardi.

Selanjutnya, pada pelaksanaannya nanti, Pemprov DKI Jakarta akan memberikan fasilitas akomodasi kepada para pegawai pemprov yang akan mengikuti pelaksanaan upacara. Hal tersebut berdasarkan Instruksi Gubernur Nomor 71 Tahun 2019 tentang Upacara Pengibaran Bendera dalam Rangka Peringatan HUT ke-74 Kemerdekaan RI Tahun 2019.