Giliran Penasihat KPK Mohammad Tsani Annafari undur diri

Tsani terang-terangan sebut alasan pengunduran dirinya karena terpilihnya Firli Bahuri sebagai Ketua KPK.

Wakil Ketua KPK Saut Situmorang (tengah), Penasihat KPK Mohammad Tsani Annafari (kanan), dan Juru Bicara KPK Febri Diansyah, mengumumkan kasus pelanggaran etik mantan Deputi Penindakan KPK Firli Bahuri di Gedung Merah Putih KPK, Jakarta, Rabu (11/9/2019)./Antara Foto

Setelah Pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Saut Situmorang mengundurkan diri, Penasihat KPK Mohammad Tsani Annafari menyusul. Tsani mengaku pilihan untuk mundur dari jabatannya karena faktor terpilihnya Firli Bahuri sebagai Ketua Pimpinan KPK. 

"Benar (akan mundur). Surat sudah saya kirim tetapi saya masih harus bekerja menuntaskan yang tersisa," kata Tsani, saat dihubungi Alinea.id, Jumat (13/9).

Pengunduran diri itu menyusul dengan terpilihnya Ketua KPK jiid V Firli Bahuri oleh Komisi III DPR RI. Seperti diketahui, Firli mempunyai rekam jejak buruk semasa menjabat sebagai Deputi Penindakan KPK, ia terbukti melanggar etik berat.

Tsani mengaku tidak ingin dipimpin oleh pimpinan yang diragukan integritasnya dalam mengupayakan pemberantasan korupsi.

"Yang pasti saya tidak mau menjadi kaki tangan atau melayani orang-orang yang saya tidak bisa yakin integritasnya. Dan juga tidak yakin agenda-agenda pemberantasan korupsinya," ujar Tsani.