Usia produktif dominasi pasien positif Covid-19

Kelompok tersebut tidak mematuhi anjuran pemerintah untuk menjaga jarak.

Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19 Achmad Yurianto menyampaikan keterangan pers di Graha BNPB, Jakarta, Jumat (27/3/2020). Foto Antara/Nova Wahyudi/nz

Usia produktif mendominasi pasien coronavirus disease 2019 atau Covid-19 di Indonesia. Hal itu dapat terlihat, dalam pendataan kategori yang dilakukan oleh Kementerian Kesehatan (Kemenkes).

Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19, Achmad Yurianto menyebut, kelompok usia yang mendominasi pasien positif Covid-19, yakni berkisar 30 hingga 59 tahun. Jika dipresentasekan, kelompok itu memperoleh sekitar 54% dari total pasien positif. 

"Ini lah, kelompok terbanyak," kata Yuri, saat konfrensi pers yang digelar secara virtual dari Graha BNPB, Jakarta Timur, Kamis (30/4).

Kelompok tersebut, disusul dengan kategori usia 60 hingga 79 tahun dengan perolehan 16%, kemudian kelompok 15 hingga 29 tahun sebesar 15%, bayi usia lima tahun sebesar 0,6%, dan kelompok usia lanjut sekitar 1%.

Menurut Yuri, dulangan presentase kelompok usia produktif yang besar diakibatkan lantaran mobilitas yang tinggi. Untuk itu, kelompok tersebut kurang dapat mematuhi anjuran pemerintah ihwal physical distancing.