Uskup Agung Jakarta ajak umat rayakan Natal dengan semangat cinta Tanah Air

Ia juga mengajak untuk berani melawan ujaran kebencian dan berita bohong yang dapat merusak kerukunan hidup bersama.

Konferensi pers terkait perayaan Natal 2022 di Gereja Katedral Jakarta, Minggu (25/12) (Alinea.id/Gempita Surya)


Keuskupan Agung Jakarta mengajak umat Katolik merayakan Natal 2022 dengan semangat merawat sikap peduli dan cinta Tanah Air.

Uskup Agung Jakarta Ignatius Kardinal Suharyo menyampaikan, pihaknya menemukan banyak ujaran kebencian yang muncul di media sosial, di mana tidak sedikit yang menyinggung soal isu suku, agama, ras, dan golongan (SARA).

Menurutnya, ujaran kebencian bertentangan dengan nilai-nilai dalam Pancasila. Terlebih, kehadiran teknologi seharusnya dimanfaatkan untuk saling memuliakan dan membangun kehidupan bersama.

"Konten ujaran kebencian itu langsung bertentangan dengan sila mana pun, khususnya sila ketiga Persatuan Indonesia. Kalau kita dirusak persatuannya, kita bisa membayangkan negara kita akan susah. Kalau kita bersatu, berarti tentu menyebarkam berita yang mempersatukan," kata Suharyo dalam keterangan pers di Gedung Karya Pastoral Gereja Katedral Jakarta, Minggu (25/12).

Disampaikan Suharyo, terdapat berbagai tantangan persatuan yang dihadapi Indonesia saat ini, terutama keberadaan kelompok-kelompok yang mengutamakan kepentingan pribadi di atas kepentingan publik. Ia menilai, sikap seperti ini dapat melunturkan nilai kerukunan bangsa.