Satgas Covid-19 minta vaksinasi booster di daerah tujuan mudik ditingkatkan

Baru dua dari lima provinsi yang mencukupi target 30% vaksinasi booster di daerah tujuan utama mudik.

Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Prof Wiku Adisasmito. Foto: Lukas-Biro Pers Sekretariat Presiden

Koordinator Tim Pakar dan Juru Bicara Satuan Tugas (Satgas) untuk Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito mengatakan, pencapaian umum vaksinasi secara nasional sudah cukup baik. Namun pemerataannya masih harus ditingkatkan. 

"Bahkan data menunjukan di beberapa daerah cakupan vaksin dosis lengkapnya masih belum mencapai target 70%," kata dia dalam keterangan resmi yang dipantau secara online, Rabu (27/4).

Belum meratanya cakupan vaksin dosis lengkap serta capaian booster yang harus ditingkatkan, menjadi kewaspadaan bersama. Terlebih di masa penyesuaian kebijakan ini, tanggung jawab setiap individu menjadi penentu dalam mempertahankan kondisi kasus agar tetap terkendali.

Hasil survei online ketiga tentang potensi pergerakan orang selama angkutan lebaran oleh Kementerian Perhubungan menunjukkan, lima provinsi di Pulau Jawa menjadi tujuan mudik terbanyak dan bahkan hingga 75% dari total pemudik. 

"Apabila dilihat dari target Kementerian Kesehatan, cakupan vaksin dosis lengkap pada lima provinsi ini sudah sangat baik yaitu 78% hingga 100%. Namun cakupan vaksinasi booster masih perlu ditingkatkan karena baru dua dari lima provinsi yang mencukupi target 30%," jelas dia.