Vaksinasi Covid-19, Emil sebut kemampuan Jabar 60%

Sebanyak 9.189.762 dosis vaksin Covid-19 telah disuntikkan kepada warga Jawa Barat per 3 Agustus 2021.

Ilustrasi. Pixabay

Gubernur Jawa Barat (Jabar), Ridwan Kamil, menyatakan, kemampuan pihaknya dalam melaksanakan vaksinasi Covid-19 terbatas. Karenanya, pemerintah pusat, salah satunya Kementerian Perhubungan (Kemenhub), diharapkan turut berpartisipasi.

“Kesanggupan infrastruktur Jabar hanya 60%, (baik oleh) puskesmas, rumah sakit, klinik, dan lain-lain. Maka 40%-nya kami mohonkan bantuan penyuntikan vaksinasi dari semua yang mencintai kemanusiaan ini,” ujarnya di Terminal Leuwi Panjang, Kota Bandung, Rabu (4/8). 

Emil, sapaannya, berkeyakinan, Kemenhub memiliki komitmen yang sama dengan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jabar untuk memerangi Covid-19 sampai tuntas. Indonesia menargetkan 70% populasi nasional divaksin dan rampung pada akhir 2021. 

“Kalau memang ada keluangan dari lingkungan Hubungan Darat sampai Desember, permohonan dari Jawa Barat adalah bantulah kami agar 40% vaksinasi bisa dibantu oleh semua pihak,” ucapnya, melansir situs web Pemprov Jabar.

"Terima kasih kalau sudah ada niatnya. Mudah-mudahan 2022 itu bisa normal walaupun selalu kita harus waspada," sambung dia.