Vaksinasi di 5 provinsi masih di bawah 20%

Indonesia telah menyuntikkan sebanyak 116 juta dosis untuk 73 juta orang suntikan pertama dan 43 orang suntikan kedua.

Kodam XVII/Cenderawasih kembali menggelar serbuan vaksinasi bertempat di Halaman Kantor Kesdam XVII/Cenderawasih, Jayapura, Senin (13/09/221). Foto Humas TNI

Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin menyampaikan, pemerintah akan mempercepat proses vaksinasi bagi provinsi yang tingkat vaksinasinya masih di bawah 20%. 

“Bapak presiden memberikan arahan agar kita bisa memperhatikan provinsi-provinsi yang vaksinasinya di bawah 20% agar bisa dikejar segera oleh Kemenkes, Panglima TNI dan Kapolri,” ujar Budi melalui kanal YouTube Kemenko Bidang Kemaritiman dan Investasi RI pada Senin (13/9) malam. 

Terdapat lima provinsi yang capaian vaksinasinya masih dibawah 20% untuk suntikan pertama, yaitu Lampung 15%, Sumatera Barat 18%, Maluku Utara 18%, dan Papua 19%.  

Percepatan vaksinasi ini, berkaitan dengan jumlah vaksin yang sudah diterima oleh Kementerian Kesehatan (Kemenkes) sebanyak 169 juta dosis dan sebanyak 157 juta dosis sudah dikirim ke daerah-daerah guna mempercepat proses penyuntikan. 

Budi juga mengatakan, sebanyak 41 juta dosis vaksin yang sudah diterima di seluruh provinsi kabupaten/kota agar segera disuntikan.