Wamenkes minta agar RS Paru dr. Aryo Wirawan membangun jejaring

Hal itu disampaikannya saat melakukan kunjungan kerja ke fasilitas kesehatan tersebut pada Minggu (11/12).

Wamenkes Dante Saksono Harbuwono melakukan kunjungan kerja ke RS Paru dr. Aryo Wirawan di Salatiga, Jawa Tengah, Minggu (11/12/2022). Dok. Humas Kemenkes

Wakil Menteri Kesehatan (Wamenkes) Dante Saksono Harbuwono, menginstruksikan agar RS Paru dr. Aryo Wirawan di Salatiga, Jawa Tengah, membangun jejaring untuk meningkatkan pelayanan pasien paru. Hal itu disampaikannya saat melakukan kunjungan kerja ke fasilitas kesehatan tersebut pada Minggu (11/12).

"Jejaring yang kuat dengan rumah sakit internasional secara keseluruhan akan meningkatkan pelayanan paru di Indonesia," kata Dante dalam keterangan resmi, dikutip Senin (12/12).

Kesehatan paru merupakan salah satu permasalahan kesehatan nasional. Adapun beberapa jenis penyakit paru di antaranya TBC, ISPA, ASMA, penyakit paru obstruktif kronik (PPOK), kanker paru, serta penyakit akibat polusi dan asap rokok.

Dalam hal ini, ungkap Dante, rumah sakit paru memiliki peran strategis dalam menanggulangi masalah tersebut. Salah satu upayanya yakni dengan membangun jejaring, sehingga seluruh bidang keilmuan bisa terhimpun ke rumah sakit paru.

Dicontohkan Dante, salah satu rumah sakit Indonesia yang sudah berjejaring dengan rumah sakit internasional Mayo Clinic, Minnesota yakni RS Kanker Dharmais, Jakarta.