Wapres minta inventarisir kerugian infrastruktur akibat gempa Cianjur

Perlu ada penanganan secara optimal melalui dukungan pemenuhan kebutuhan masyarakat, baik dari sisi infrastruktur dan sebagainya.

Kondisi bangunan yang runtuh akibat gempa di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, Rabu (23/11/2022). Foto BNPB

Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin meminta para pihak yang menangani peristiwa bencana gempa bumi di Cianjur, Jawa Barat, dapat bekerja sama dalam menginventarisir kerugian yang ditimbulkan. Salah satunya kerugian infrastruktur yang dialami sejumlah pondok pesantren, sehingga dapat segera ditemukan penyelesaiannya.

"Saya minta nanti diinventarisasi berapa pesantren dan seberapa berat kerusakannya," kata Ma'ruf dalam keterangannya, dikutip Kamis (24/11).

Ma'ruf menyebut, pemerintah terus bersinergi dalam melakukan penanganan bencana pascagempa, melalui distribusi bantuan serta pemantauan lokasi yang terdampak secara berkala.

Untuk itu, perlu adanya penanganan secara optimal melalui dukungan pemenuhan kebutuhan masyarakat, baik dari sisi infrastruktur, kesehatan, maupun logistik.

"Semua masalah yang dihadapi masyarakat, penampungan, kemudian juga konsumsi, kebutuhan untuk air, listrik, supaya disiapkan dengan baik," ujarnya.