Warga adang penyaluran bantuan gempa Cianjur, Mensos Risma: Pengungsi mandiri

Lokasi pengungsian tersebar luas dan jumlahnya banyak menjadi salah satu kendala dalam mendistribusikan bantuan kepada korban gempa Cianjur.

Potongan video viral di media sosial saat sejumlah warga mengadang mobil relawan yang ingin mengirimkan bantuan korban gempa Cianjur di Desa Sarampad, Kecamatan Cugenang, Kabupaten Cianjur, Jabar. Twitter/@Kangjaill

Menteri Sosial (Mensos), Tri Rismaharini, menanggapi maraknya aksi masyarakat di lokasi terdampak gempa Cianjur, Jawa Barat (Jabar), mengadang sejumlah donatur yang hendak menyalurkan bantuan ke titik-titik pengungsian.

Menurut Risma, warga yang mengadang para donatur tersebut merupakan pengungsi mandiri. Mereka enggan meninggalkan rumahnya sehingga membangun tenda-tenda darurat di sekitar kediamannya.

"Itu yang sekarang kita sisir. Jadi, mereka yang mengadang itu rata-rata mengungsi mandiri. Dia ndak mau meninggalkan rumahnya, kemudian dia buat tenda," kata Risma dalam keterangan pers di Jakarta, Jumat (25/11).

Disampaikan Risma, masyarakat yang masih bertahan di tenda dekat rumahnya tengah disisir tim Kementerian Sosial (Kemensos) di lapangan. Menurutnya, mereka perlu diberi bantuan dengan skema berbeda dengan pengungsi lainnya 

"Kita sisir bahkan kita berikan tenda. Kalau dia bisa masak, kita bantu bahan makanan mentah, nanti mereka masak sendiri. Seperti itu cara yang kita lakukan," tuturnya.