Dampak Covid-19, warga miskin di Jakarta dapat bantuan Rp1 juta per bulan 

Pemprov DKI dan Kemensos, sepakati berikan bantuan sosial kepada 3,7 juta warga Jakarta yang masuk kategori miskin dan rentan miskin

Gubernur DKI, Anies Baswedan (kedua kanan) didampingi Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 yang juga Kepala BNPB Doni Monardo (kanan) memberikan keterangan pers usai melakukan pertemuan di Jakarta, Rabu (18/3). Foto Antara/Dewanto Samodro/wsj.

Dampak virus SARS-CoV-2 di Jakarta sangat mahal. Pemprov DKI dan pemerintah pusat, harus memberikan bantuan Rp1 juta per keluarga yang akan dikucurkan kepada warga miskin dan rawan miskin di ibu kota.

Pemprov DKI dan pemerintah pusat, akan memberikan bantuan sosial kepada 3,7 juta warga di Jakarta yang masuk kategori miskin dan rentan miskin. Terutama, yang terdampak kebijakan penanganan Covid-19.

Berdasar, catatan Pemprov DKI, Anies mengungkapkan, sebanyak 1,1 juta orang miskin yang tercatat secara resmi. Sementara, sisanya kelompok rentan miskin sebanyak 2,6 juta akan dibantu oleh pemerintah pusat. 

"Tim DKI dan Kementerian Sosial (Kemensos), sepakati berikan dukungan angka Rp1 juta per keluarga," kata Anies, dalam rapat bersama Wapres Maruf Amin, melalui saluran teleconference di Jakarta, Kamis (2/4).

Anies mengaku, DKI telah melakukan pendataan secara detail terhadap kelompok rentan miskin yang jumlahnya ada sekitar 2,6 juta orang. Mereka umumnya, pekerja informal yang sebelum ada kasus Covid-19, miliki pendapatan harian.