Gunung Semeru meletus, BPBD Jatim: Warga tidak beraktivitas di radius 1 kilometer

Yanuar meminta, warga mewaspadai potensi luncuran awan panas dan aliran lahar di sungai-sungai yang berhulu di Gunung Semeru.

Gunung Semeru mengalami erupsi di Kabupaten Lumajang, Jatim. Twitter/@shooheoarmy

Masyarakat diminta tidak beraktivitas di area dalam radius satu kilometer dari puncak Gunung Semeru dan empat kilometer dari arah bukaan kawah di sektor selatan-tenggara. Hal tersebut, disampaikan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jawa Timur (Jatim).

"Ini untuk menghindari terjadinya korban menyusul adanya laporan peningkatan aktivitas Gunung Semeru hari ini," kata Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Pelaksana BPBD Jatim, Yanuar Rachmadi di Surabaya, Minggu (17/1).

Yanuar mengimbau masyarakat tidak panik, namun tetap mewaspadai dampak dari aktivitas vulkanik Gunung Semeru. "Warga juga harus waspada jika terjadi gejala erupsi susulan," kata Yanuar.

Di meminta, warga mewaspadai potensi luncuran awan panas serta aliran lahar di sungai-sungai yang berhulu di Gunung Semeru. "Ini mengingat banyaknya material vulkanik yang sudah terbentuk," katanya.

Gunung Semeru yang secara administratif berada di wilayah Kabupaten Malang dan Lumajang, Jatim, meletus lagi pada Sabtu sore (16/1).