Wisatawan ke sekitar Pulau Sebaru menurun

Salah satu sebab pembatalan itu karena salah satu pulau di Kepulauan Seribu menjadi tempat observasi warga negara Indonesia (WNI).

Foto areal WNI ABK World Dream berjalan setibanya di Pulau Sebaru Kecil untuk menjalani observasi di Kepulauan Seribu, Jakarta, Jumat (28/2). Foto Antara/Akbar Nugroho Gumay/wsj.

Kunjungan wisatawan ke Kelurahan Pulau Kelapa dan Pulau Harapan dalam beberapa pekan terakhir menurun, diduga karena adanya aktivitas observasi coronavirus (Covid-19) di Pulau Sebaru, Kabupaten Kepulauan Seribu.

"Ada beberapa wisatawan yang membatalkan perjalanan mereka," kata Ketua Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Kelurahan Pulau Kelapa, Safaatul Anam, Sabtu (29/2).

Salah satu sebab pembatalan itu karena salah satu pulau di Kepulauan Seribu menjadi tempat observasi warga negara Indonesia (WNI) terhadap coronavirus.

"Mungkin itu menjadi pertimbangan atau mungkin karena faktor cuaca," ujar Safaatul.

Pantauan wartawan, Sabtu di dermaga Pulau Harapan dan Pulau Kelapa, masih terlihat aktivitas dengan hadirnya sejumlah wisatawan untuk menghabiskan akhir pekannya di Kepulauan Seribu.