Wishnutama, menteri Jokowi bergelar the best CEO

Wishnutama telah resmi menjadi Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

Pendiri NET TV Wishnutama memberi hormat saat meninggalkan Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (21/10)./Antara Foto

Setelah keluar dari Istana usai bertemu dengan Presiden Jokowi, Senin (21/10), Komisaris Utama NET Mediatama, Wishnutama Kusubandio, mengaku diminta untuk memperkuat jajaran kabinet pemerintahan Jokowi-Ma'ruf Amin. Ia ditugasi untuk membidangi sektor kreatif guna meningkatkan pemasukan negara, dengan menjadi Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

Tugas ini tak terlalu melenceng dari latar belakang kariernya selama ini. Pria yang kerap disapa Tama ini telah dikenal sebagai praktisi media televisi, yang juga pendiri dan komisaris utama NET TV.

Tama meraih gelar The Best CEO in Indonesia 2010 versi majalah SWA. Pada 2015, ia mendapat penghargaan Indonesia Marketing Champion 2015 for the Broadcast, TV Pay & Media sector pilihan MarkPlus.

Pria kelahiran Jayapura, Papua, 4 Mei 1976, mengenyam pendidikan di Liberal Arts di Mount Ida College Boston, Amerika Serikat. Ia juga mendalami ilmu komunikasi dan pertelevisian saat kuliah di Emerson College, Boston.

Kariernya di dunia media dan broadcasting dimulai saat menjadi Production Assistant di New England Cable News, Amerika Serikat. Di sana, ia juga sempat menjadi Assistant Director on Air Promotion di WHDH-TV.