Wujudkan pemerintahan berbasis digital, pemerintah bangun 4 PDN

Kebijakan negara akan lebih akurat dengan pembangunan empat PDN tersebut. Lantaran data nasional dapat terkelola dengan baik.

Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate

Pemerintah tengah menyiapkan pembangunan empat Pusat Data Nasional (PDN). Pembangunan ini untuk mewujudkan pemerintahan berbasis digital. 

Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate mengatakan, penerapan konsep digital government itu bertujuan mendukung pelayanan publik yang efisien, efektif, serta transparan dan mendorong implementasi data driven policy. Empat PDN itu akan dibangun dengan standar global.

“Pemerintah akan membangun empat PDN berstandar global Tier- IV, Tingkat yang sangat tinggi untuk standar pusat data," kata Johnny dalam keterangan, Sabtu (25/6).

Johnny menyebut, ke empat lokasi PDN itu yakni di Kawasan Deltamas Industrial Estate (Jabodetabek), Nongsa Digital Park (Batam), Ibu Kota Negara baru di Kalimantan Timur, serta Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur.

Johnny menyampaikan, keberadaan PDN juga akan memungkinkan tata kelola satu data Indonesia. Menurutnya, hal itu akan mendukung kepentingan pengambilan kebijakan berbasis data atau data driven policy sehingga bisa dilakukan secara cepat dan lebih akurat.