Yang salah dalam kucing-kucingan perusahaan vs pemerintah di tengah PSBB

Di tengah pemberlakuan PSBB, Kemenperin malah mengizinkan perusahaan nonesensial beroperasi.

Sejumlah perusahaan masih beroperasi di tengah pemberlakuan PSBB. Ilustrasi Alinea.id/Oky Diaz

Meskipun pembatasan sosial berskala besar (PSBB) telah berlaku selama lebih dari sepekan, pusat perbelanjaan Plaza Atrium, Senen, Jakarta Pusat, masih tetap beroperasi, Sabtu (18/4) . Sejumlah toko dan gerai tampak buka seperti hari-hari biasanya.

Di salah satu gerai telepon seluler, Siti "beraksi". Dari balik masker yang menutupi hidung dan mulutnya, suara sales promotion girl (SPG) yang tinggal di Jakarta Utara itu menyapa setiap pengunjung yang melintas di depan gerainya. 

"Silakan, Mas. Lihat-lihat aja dulu. Masuk aja, ya. Jangan dari luar (gerai). Nanti tempat ini bisa ditutup kalau lihat ada kerumunan," ujar Siti kepada Alinea.id. 

Menurut Siti, puluhan anggota Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) DKI Jakarta sempat menyambangi gerainya hari itu. Mereka mengancam akan menutup paksa tempat kerja Siti jika melihat ada kerumunan di gerai.

Meski ia dan rekannya sempat diintimidasi, Siti bersyukur itu rombongan Satpol PP itu segera berlalu. "Kalau (gerai) ini juga ditutup, kami tidak dapat gaji ke depan. Saya bingung juga mau cari kerja di mana saat-saat begini," tutur Siti.