14 provinsi mengikuti ekshibisi paramotor PON XX Papua

Para atlet yang hadir dalam ekshibisi ini memperebutkan empat medali emas, empat perak dan empat perunggu.

Ilustrasi. Pixabay

28 atlet dari 14 provinsi mengikuti ekshibisi paramotor Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua 2021 yang berlangsung di Lapangan Paramotor Lanud JA Dimara Merauke.

Ketua Umum Paramotor Indonesia Cahyo Algantana mengatakan, paramotor Indonesia diberi kesempatan terlebih dahulu untuk ikut dalam PON sebagai cabor ekshibisi sebelum menjadi cabor utama. Para atlet yang hadir dalam ekshibisi ini memperebutkan empat medali emas, empat perak dan empat perunggu. Ekshibisi berlangsung dari 9 hingga 12 Oktobe. 

“Tujuan ekshibisi paramotor adalah mempersiapkan atlet untuk bisa mengikuti PON selanjutnya, jika olahraga paramotor dianggap layak jadi Cabor PON oleh KONI Pusat. Saat ini kita (sedang) dinilai oleh Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI), ujar Cahyo yang dikutip dari situs resmi ponxx2021papua, Sabtu (9/10/2021). 

Adapun 14 provinsi yang menurunkan atletnya, yaitu Provinsi Aceh, Kepulauan Riau, Sumatera Barat, Sumatera Selatan, Lampung, DKI Jakarta, Jawa Barat, Daerah Istimewa Yogyakarta, Jawa Timur, Sulawesi Tengah, Kalimantan Timur, Bali, Papua Barat, dan Papua. Nilai yang dipertandingkan pada ekshibisi ini adalah manufer, landing presisi atau takeoff presisi.

Menanggapi berjalannya ekshibisi ini, Bupati Merauke Romanus Mbaraka berharap, agar ekshibisi bisa dilakukan dengan kerja sama yang baik serta menjaga keselamatan diri masing-masing.