29 peserta positif Covid-19, Menpora pastikan PON XX tetap berjalan

Mereka terdiri dari atlet, panitia pelaksana dan official peserta Pekan Olahraga Nasional (PON) XX.

Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali. Sumber foto : (Instagram/@Kemenpora)

29 orang yang terdiri dari atlet, panitia pelaksana dan official peserta Pekan Olahraga Nasional (PON) XX dinyatakan positif Covid-19. Namun Menpora Zainudin Amali memastikan pelaksanaan pertandingan PON XX Papua tetap berjalan sesuai dengan jadwal.

Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali memastikan, gelaran PON Papua 2021 tetap bisa dihadiri penonton meski ditemukan kasus positif Covid-19.

"Pertandingan tetap berlangsung, sementara protokol kesehatan tetap terjaga sesuai aturan-aturan yang telah ditetapkan," ujar Menpora Amali dalam konferensi pers virtual bersama PWI Pusat, Rabu (6/10).

Kasus Covid-19 saat pelaksanaan PON Papua pertama kali ditemukan di Timika dan bahkan jumlah tersebut mengalami peningkatan. Sebanyak 13 orang yang positif Covid-19 berada di Kota Timika, tujuh orang di Kabupaten Jayapura, enam orang di Kota Jayapura, dan tiga orang di Merauke.

Menurut Menpora Zainudin Amali, Dinas Keseahatan setempat menyebutkan kasus klaster Mimika tanpa gejala dan CT valuenya sekitar 37-an dan itu masih aman. Diperkirakan dua tiga hari kemudian ketika di tes sudah negatif.