3 Pembunuh raksasa dari 8 besar Piala Dunia U-20

Tembakan keras Piala Dunia kali ini diletuskan Nigeria ke tribun suporter Argentina.

Tim Korea Selatan merayakan kemenangan. Foto FIFA

Perempat final Piala Dunia U-20 Argentina 2023 menghadirkan mayoritas tim kejutan. Kejutan terbesar di 16 Besar, tuan rumah tersingkir menyusul empat tim unggulan. Inilah pergelaran di mana jajaran talenta belia terbaik planet ini unjuk kebolehan mematangkan performa mereka.

Dari 24 peserta asal enam konfederasi, juara Afrika, Asia, Eropa, dan Oseania sudah menutup harapan dan kembali ke negeri masing-masing. Raja Benua Hitam Senegal menyerah di fase grup, sementara Uzbekistan, Inggris, dan Selandia Baru turut bertekuk lutut. Empat juara konfederasi sudah tergilas sejarah.

Tiga pembunuh raksasa patut disorot secara khusus: Israel mengandaskan Jepang, Senegal, dan Uzbekistan. Nigeri menundukkan tuan rumah Argentina. Korea Selatan menghempaskan Prancis dan Ekuador.

Slot 8 Besar kini diisi tujuh tim medioker dengan segala drama lapangan hijau yang memukau mata dunia. Tinggal Brasil satu-satunya mantan juara dunia lima kali (1983, 1985, 1993, 2003, 2011) yang mampu bertahan. Berikut, profil perempatfinalis:

1. Amerika Serikat