5 Info jurnalis Catalan, FC Barcelona 'secara teknis bangkrut'

Dewan Direksi baru dan struktur eksekutif barunya mengalami situasi ekonomi dan keuangan yang ditandai dengan ekuitas negatif.

FC Barcelona dan Xavi Hernandez belum sepakat tentang perpanjangan kontrak. Foto Getty Images via FORBES

FC Barcelona telah diinformasikan 'secara teknis bangkrut' oleh seorang jurnalis terkemuka Catalan. Blaugrana terperosok dalam utang berulang kali dilaporkan melebihi 1 miliar euro, dan harus menarik berbagai 'tuas ekonomi' musim panas lalu seputar penjualan pendapatan hak televisi mendatang dan saham perusahaan produksi media Barca Studios mereka sehingga mereka bisa mengontrak pemain baru.

1. Seret Finansial

Pemain yang didatangkan Barca menjelang 2022/2023, seperti Robert Lewandowski, membantu Blaugrana mengangkat gelar La Liga pertama mereka dalam empat tahun dan mahkota kasta tertinggi Spanyol perdananya di bawah pelatih kepala Xavi Hernandez.

Setahun kemudian, bagaimana pun, Barca kembali berjuang untuk mendapatkan tempat mereka dan perlu membuktikan kepada La Liga bahwa mereka mampu mendatangkan wajah baru dan mendaftarkan kontrak mereka melalui rencana kelayakan.

Lampu hijau untuk rencana tersebut tiba pada hari Selasa (6/6) dan sudah terlambat untuk menghentikan Lionel Messi bergabung dengan Inter Miami. Kendati mereka sekarang mendapat acungan jempol, Barca masih harus mematuhi aturan 40% yang berarti mereka hanya dapat membelanjakan €4 juta untuk setiap €10 juta yang diperoleh dari penjualan pemain yang masih dibutuhkan dan perkembangan kebutuhan untuk menghilangkan €200 juta dari tagihan gaji.