Atlet Indonesia juara dunia panjat tebing di China

Alfian mampu mengalahkan lawannya dari Ukraina, Kostiantyn Pavlenko dengan catatan waktu 5,961 detik.

Alfian M Fajri sukses menjadi yang tercepat pada IFSC WorldCup Chongqing, China, Jumat (26/4) dengan perolehan waktu 5.970 detik. Instagram/@fpti_official

Atlet panjat tebing Indonesia Alfian M Fadjri menyabet gelar juara dunia setelah menjadi yang terbaik pada nomor men's speed world record pada IFSC World Cup di Chongqing, China, Jumat (26/4).

Berdasarkan data yang dihimpun media dari Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) di Jakarta, Sabtu, pada final atlet asal Solo itu mampu mengalahkan lawannya dari Ukraina, Kostiantyn Pavlenko dengan catatan waktu 5,961 detik sedangkan Pavlenko 6,310 detik.

Medali perunggu diraih oleh Sergey Rukin dari Rusia dengan catatan waktu 6,808 detik. Rukin mengalahkan lawannya asal China, Zhong Qixin, yang terjatuh dalam perebutan medali perunggu.

Bagi Alfian ini adalah medali pertamanya di IFSC World Cup dan langsung meraih gelar juara dunia. Sebelumnya, Alfian meraih medali emas di Asian Championship di Kurayoshi, Jepang, November 2018.

"Saya terima kasih kepada semua yang telah mendukung. Syukur alhamdulillah kepada Tuhan yang Maha Esa saya bisa maksimal," kata Alfian dalam keterangan resminya.