Atlet Olimpiade China keluhkan minimnya pencegahan virus di hotel

Pandemi memang telah membayang-bayangi Olimpiade dengan penyelenggara melarang semua penggemar dari tempat-tempat di Tokyo.

Ilustrasi Olimpiade Jepang/Foto AP

Atlet China pertama yang tiba di Jepang untuk Olimpiade Tokyo mengeluh, bahwa tindakan pencegahan yang buruk di hotel, akan meningkatkan risiko terkena Covid-19.

Pandemi memang telah membayang-bayangi Olimpiade dengan penyelenggara melarang semua penggemar dari tempat-tempat di Tokyo untuk menonton langsung, yang mana merupakan pukulan besar bagi acara tersebut.

Beberapa daerah terpencil diizinkan untuk memiliki penggemar domestik dalam jumlah terbatas, dengan penonton luar negeri telah dilarang beberapa bulan lalu, serta penyelenggara telah berjanji bahwa acara tersebut akan aman.

Namun, setelah mereka tiba di Enoshima, sebuah pulau kecil tempat perlombaan pelayaran akan berlangsung, tim layar China mengeluhkan tindakan pencegahan yang tidak memadai di hotel mereka.

"Tim China tinggal di satu lantai, tetapi bergaul dengan turis di hotel tentu saja merupakan bahaya tersembunyi," kata Zhang Xiaodong, kepala Asosiasi Pelayaran China, kepada kantor berita Xinhua, Minggu. "Kami sedang berkonsultasi dengan panitia penyelenggara tentang masalah ini," tutur dia lagi.