Atlet panjat tebing Indonesia berhasil pecahkan rekor

Kiromal Katibin yang berhasil memecahkan rekor sebagai atlet panjat tebing tercepat dunia.

Atlet panjat tebing Indonesia pecahkan recor tercepat dunia. Dok FPTI.

Kontingen Indonesia mendelegasikan delapan Atlet nasional Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) yang telah lolos babak kualifikasi International Federation of Sport Climbing (IFSC) World Cup 2022 di Chamonix, Perancis, Jumat (8/7) waktu Perancis. Kebanggan ini juga khusus diberikan bagi Kiromal Katibin yang berhasil memecahkan rekor sebagai atlet panjat tebing tercepat dunia pada ajang tersebut.

Ketua Umum FPTI Yenny Wahid mengatakan, rekor dunia tersebut Kiromal pecahkan saat menghadapi pesaingnya di babak kualifikasi. Catatan waktu 5,009 detik atau pembulatan di 5,00 detik masuk dalam rekor yang dimaksud.

"Alhamdulillah hari ini di Chamonix, Perancis, atlet andalan kita kembali menorehkan prestasi gemilang dengan memecahkan rekor dunia tercepat, rekor dunia atas namanya sendiri, dengan catatan waktu 5,00 detik," kata Yenny dalam keterangan, Sabtu (9/7).

Rekor ini terbilang spektakuler, sebab dinding yang dipanjat setinggi 15 meter. Dengan pecahnya rekor tersebut, gelar manusia tercepat semakin melekat pada diri seorang Katibin.

"Kami delegasi Indonesia merasa sangat bangga dengan raihan ini, semoga prestasi ini dapat dipertahankan hingga olimpiade nanti," ucap Yenny.