Dibesut pelatih juara, Vietnam santai jelang Piala Asia 2023

Percaya dirinya tim Vietnam tidak lepas dari rangkaian capaian hebat yang telah banyak mereka raih.

Striker Nguyen Van Toan dari Vietnam mencoba merebut bola dari Wataru Endo saat perempat final Piala Asia melawan Jepang 2019. Foto VnExpress-Hieu Luong

Situs resmi AFC (Konfederasi Sepak Bola Asia) memprediksi kesuksesan Vietnam di Piala Asia 2023. AFC sendiri adalah yang empunya turnamen ini. Ulasan pihak penyelenggara tentang peserta kejuaraan biasanya sangat akurat dan kemungkinan besar akan tepat sesuai prediksi.

Lagi pula pelatihnya, Philippe Troussier, telah merasakan juara tahun 2000 bersama Jepang. Prestasi terbaik Vietnam, kesebelasan berjuluk Golden Warriors, mencapai perempatfinal 2007 dan 2019. Mereka memiliki kualitas dan pengalaman untuk menantang tim-tim terbaik di Asia.

Jaminan dalam perkiraan AFC tersebut membuat Vietnam relaks dan terkesan tanpa beban menjelang ajang tertinggi sepak bola senior putra Asia berkala empat tahunan. Gelaran ini akan dihelat di Qatar, 12 Januari hingga 10 Februari 2024.

Grup berat dibawa santai

Vietnam bergabung di Grup berat D dengan Jepang, Irak, dan Indonesia. Persiapan mereka bahkan terkesan seadanya. Troussier justru tidak memperlakukan skuadnya seperti sebuah tim amatir, yang harus mengulang teori dasar dari awal lagi seperti memperbaiki teknik mengumpan atau menggeber latihan fisik yang keras.