sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Dibesut pelatih juara, Vietnam santai jelang Piala Asia 2023

Percaya dirinya tim Vietnam tidak lepas dari rangkaian capaian hebat yang telah banyak mereka raih.

Arpan Rachman
Arpan Rachman Jumat, 22 Des 2023 17:02 WIB
Dibesut pelatih juara, Vietnam santai jelang Piala Asia 2023

Situs resmi AFC (Konfederasi Sepak Bola Asia) memprediksi kesuksesan Vietnam di Piala Asia 2023. AFC sendiri adalah yang empunya turnamen ini. Ulasan pihak penyelenggara tentang peserta kejuaraan biasanya sangat akurat dan kemungkinan besar akan tepat sesuai prediksi.

Lagi pula pelatihnya, Philippe Troussier, telah merasakan juara tahun 2000 bersama Jepang. Prestasi terbaik Vietnam, kesebelasan berjuluk Golden Warriors, mencapai perempatfinal 2007 dan 2019. Mereka memiliki kualitas dan pengalaman untuk menantang tim-tim terbaik di Asia.

Jaminan dalam perkiraan AFC tersebut membuat Vietnam relaks dan terkesan tanpa beban menjelang ajang tertinggi sepak bola senior putra Asia berkala empat tahunan. Gelaran ini akan dihelat di Qatar, 12 Januari hingga 10 Februari 2024.

Grup berat dibawa santai

Vietnam bergabung di Grup berat D dengan Jepang, Irak, dan Indonesia. Persiapan mereka bahkan terkesan seadanya. Troussier justru tidak memperlakukan skuadnya seperti sebuah tim amatir, yang harus mengulang teori dasar dari awal lagi seperti memperbaiki teknik mengumpan atau menggeber latihan fisik yang keras.

Ia malah sedang asyik santai menikmati liburan Natal di rumahnya, di Prancis. Timnya akan berkumpul di Hanoi pada 28 Desember, lalu menjalani pelatihan selama satu pekan sebelum berangkat ke Qatar, seterusnya berencana memainkan pertandingan persahabatan tertutup di sana.

Percaya dirinya tim Vietnam tidak lepas dari rangkaian capaian hebat yang telah banyak mereka raih. Kiper cadangan ke-10 timnas, Nguyen Van Hoang, baru saja terpilih dalam tim terbaik Liga Champions AFC (ACL) 2023-2024 di pekan pertama bulan Desember.

Klubnya, Hanoi FC, mengalahkan juara bertahan Urawa Red Diamonds dalam pertandingan di Stadion My Dinh Hanoi pada 6 Desember. Hoang melakukan lima penyelamatan, termasuk memblok penalti pada menit ke-10.

Sponsored

Dikutip VnExpress, kemenangan Hanoi menjadi kejutan terbesar di fase grup karena Urawa menjadi juara bertahan yang tersingkir dari turnamen ACL '23-24. Ini juga pertama kalinya Urawa kalah dari klub Asia Tenggara di kompetisi tersebut.

Hoang dari Vietnam masuk tim terbaik antara lain bersama Kaito Kamiya (Ventforet Kofu, Jepang), Ryotaro Tsunoda (Yokohama F. Marinos, Jepang), dan Koffi Atchou (Al-Quwa Al-Jaw, Irak). Dengan standar permainan selevel itu, mereka mungkin akan saling berhadapan ketat di Grup D Piala Asia 2023 mendatang.

Kiper blasteran Ceko-Vietnam-Rusia

Tapi Hong bukan Nomor 1. Pesepakbola paling berharga di Vietnam adalah kiper yang baru dinaturalisasi, Filip Nguyen, menurut situs sepak bola Jerman Transfermarkt. Filip bernilai EUR600 ribu atau setara Rp10,2 miliar.

Pada tahun 2019, dia bermain di Republik Ceko untuk klub Slovan Liberec. Lahir pada tahun 1992, memiliki ibu Ceko dan ayah Vietnam. Ia dinobatkan sebagai penjaga gawang terbaik Liga Sepak Bola Nasional Ceko musim 2018-2019.

Coach Troussier memasukkannya ke dalam daftar awal 50 pemain untuk Piala Asia 2023. Sekarang, dia bermain di Liga Vietnam sekaligus mengangkat harkat martabat dan derajat kompetisi domestik negeri Indochina itu, buktinya wakil mereka berhasil mengalahkan Urawa, klub Jepang yang juara Asia. Pada 6 Desember, Filip memperoleh kewarganegaraan Vietnam dan berhak bermain untuk timnas Vietnam.

Di klub Jepang, Yokohama FC, yang barusan terdegradasi ke J2 League, Nguyen Cong Phuong masih berkiprah. Kendati minim menit bermain, sehingga tidak terpilih ke skuad Piala Asia 2023, penyerang Vietnam ini tidak berniat meninggalkan klubnya dengan kontrak yang berakhir pada 2026. Pelatih Troussier mengatakan kepada Phuong bahwa dia harus terjamin bermain di klub secara reguler agar dapat dipanggil ke tim nasional.

Di luar lapangan, para pemain lainnya terlihat cukup puas menikmati suasana santai libur akhir tahun. Gelandang timnas Vietnam Nguyen Quang Hai akan menggelar upacara pertunangan dengan model Chu Thanh Huyen pada hari pertama tahun 2024. Upacara pertunangan Hai dan Huyen akan berlangsung pada 1 Januari 2024, bertepatan dengan berkumpulnya timnas mereka untuk persiapan Piala Asia 2023.

Sementara penjaga gawang Dang Van Lam menerima PlayStation Portal sebagai hadiah Natal dari pacarnya. Setelah klub Lam, Binh Dinh FC mengalahkan Hong Linh Ha Tinh 4-0 di V-League, ia kembali ke Kota Ho Chi Minh untuk menghabiskan waktu bersama keluarganya.

Kiper blasteran Vietnam-Rusia ini menerima hadiah pemutar jarak jauh untuk konsol PS5, yang memberikan akses ke game melalui wifi dan tanpa perlu bermain di TV. Portal PlayStation memiliki harga eceran US$200 (setara Rp3 juta), tetapi saat ini merupakan barang langka di Vietnam, dengan banyak orang harus membayar dua kali lipat harga atau memesannya dari Jepang.(vnexpress)

Caleg Pilihan
Berita Lainnya
×
tekid