Embun di lapangan licin jadi saksi kisah balada Lookman

Kamerun lebih unggul penguasaan bola dalam dua versi. Guardian online mencatatnya 56:44%

Ademola Lookman berjingkrak merayakan gol kedua untuk Nigeria di akhir pertandingan. Foto Sunday Alamba-AP

Duel "panas" babak 16 besar Piala Afrika 2023 (AFCON) antara Nigeria kontra Kamerun berakhir 2-0 untuk kemenangan Super Eagles, Minggu (28/1) dini hari WIB. Dua gol kemenangan itu diborong winger Nigeria Ademola Lookman (36', 90') di Felix Houphouet Boigny Stadium, Abidjan.

Pada babak sistem gugur, tidak ada yang penting selain hasil. Menang maju, kalah pulang. Persaingan terbesar dalam sepak bola Afrika sub-Sahara modern telah berakhir untuk sementara. Lapangan licin kena embun (dan mungkin diperlukan waktu 25 menit untuk mengeringkannya sebelum kick-off) menjadi saksi perseteruan sengit kedua kesebelasan.

Nigeria menjadi tim yang lebih baik. Striker Victor Osimhen memimpin barisan depan tanpa lelah dan cukup cerdas. Lookman memetik dua golnya dengan baik.

Kamerun lebih unggul penguasaan bola dalam dua versi. Guardian online mencatatnya 56:44%. Situs resmi Federasi Sepak Bola Afrika (CAF) lebih besar selisihnya 57,5:42,5%. Tapi Nigeria mutlak memenangi rerata duel sukses versi CAF 52,2:47,8%, duel udara 62,9:37,1%, dan intersep 10 banding 8.

“Ini adalah pertandingan yang sulit, pertandingan yang emosional. Tetapi kami bermain dengan hati dan mengendalikan permainan,” kata pelatih Nigeria, José Peseiro.