FIA tak cantumkan Jakarta sebagai lokasi balapan Formula E 2024

Awalnya, Sirkuit Internasional E-Prix Ancol akan menjadi salah satu lokasi balapan Formula E pada 8 Juni 2024.

FIA tak cantumkan Jakarta sebagai lokasi balapan Formula E 2024. Dokumentasi FIA

ABB FIA mencoret DKI Jakarta sebagai salah satu tuan rumah Formula E musim depan. Pangkalnya, bertepatan dengan Pemilihan Umum (Pemilu) 2024.

Keputusan itu terlihat dari jadwal pertandingan yang dibagikan akun Instagram @fiaformulae. Awalnya, Sirkuit Internasional E-Prix Ancol akan menjadi salah satu lokasi balapan Formula E pada 8 Juni 2024.

"Acara yang direncanakan di Jakarta pada hari Sabtu, 8 Juni, tidak akan dilanjutkan setelah pengumuman masa kampanye dalam pemilihan presiden Indonesia selama sebagian besar bulan Juni. Ini akan berdampak pada logistik pengiriman balapan di jalan-jalan ibu kota pada saat yang sama," tutur ABB FIA dalam keterangannya, Jumat (20/10).

Kendati begitu, ABB FIA bersama otoritas berwenang di Jakarta sedang merundingkan perubahan jadwal agar tetap bisa menjadi lokasi balapan. "Pada tanggal alternatif."

Musim kesepuluh Kejuaraan Dunia Formula E diawali di Mexico City, Mexico, pada 13 Januari 2024. Sebelum menjalani kejuaraan, para pebalap bakal melaksanakan uji coba di sirkuit Valencia, Spanyol, 23-27 Oktober 2023.