Final Piala AFF 2020 leg I: Indonesia takluk 0-4 dari Thailand

Hasil pertandingan final leg pertama membuat Indonesia harus berjuang ekstra keras membalikan keadaan di pertemuan berikut.

foto: suzukiaffcup.com

Impian publik Indonesia untuk melihat skuad Garuda mengangkat trofi Piala AFF 2020, tampak suram. Indonesia dihancurkan Thailand dengan skor telak 0-4 di final leg pertama yang berlangsung di National Stadium, Singapura Rabu (29/12).

Di laga ini, Thailand benar-benar tampil superior. Skuad Gajah Putih unggul di semua lini, sedangkan Indonesia kesulitan mengembangkan permainan, sehingga kerap di bawah tekanan sepanjang pertandingan. 

Thailand langsung menggebrak sejak awal babak pertama, sementara Indonesia bermain kurang tenang, terutama ketidaksiapan tampak di lini belakang membuat pertahanan mudah ditembus Teerasil Dangda dan kolega. 

Situasi ini akhirnya segera dimaksimalkan oleh tombak skuad Gajah Putih Chanathip Songkrasin, yang membobol gawang Nadeo di menit kedua.

Sepanjang babak pertama,  Thailand nyaman mengeksploitasi celah-celah di lini belakang, Indonesia, namun keberuntungan masih berpihak ke kubu Indonesia, sehingga tidak ada gol tambahan tercipta di babak pertama.