Hanoi FC tumbangkan Urawa Red: Tanda Vietnam akan repotkan Jepang makin nyata?

Piala Asia 2023 akan dihelat di Qatar pada 12 Januari-10 Februari 2024 mendatang.

Pemain Hanoi FC bertarung kontra Urawa Red Diamonds di Stadion Nasional My Dinh, pada Liga Champions AFC 2023-24, Rabu. Foto AFC

Shusaku Nishikawa meloncat cepat menghalau sundulan lawan di mulut gawang yang dijaganya. Tangannya menepis bola, tapi bukan untuk mengamankan pertahanan Samurai Biru, julukan timnas Jepang. Ia sedang mengawal pertahanan Urawa Red Diamonds yang menghadapi klub Vietnam Hanoi FC.

Di momen itu, Nishikawa gagal menghalau umpan dari sepak pojok Nguyen Hai Long. Bola muntah tepisan kiper lekas ditanduk bek Dao Van Nam, yang bereaksi paling duluan.

Kiper yang sudah tampil 31 kali di tim nasional Jepang (2009–2017) itu tidak bisa berbuat banyak. Jaring Nishikawa dibobol Van Nam dari jarak dekat pada menit 53. 

Malam itu, di panggung Liga Champions AFC 2023-2024, Urawa Red pun takluk dari Hanoi FC. Dalam laga yang digelar di Stadion Nasional My Dinh, Hanoi, Rabu (6/12) itu Urawa dibekap tuan rumah dengan skor 1-2. 

Urawa diketahui juara bertahan ACL edisi silam. Tapi kekalahan di Hanoi itu memaksa wakil Jepang itu tersingkir dari kompetisi sebab hanya finis kedua di Grup J.