Hitam legam korps baju hitam: Bahaya tiupan peluit palsu di Piala Asia 2023

Beruntung Kirgizstan hanya kalah dalam partai uji coba. Sementara Indonesia telah mengalami nasib lebih sial, sebulan sebelumnya.

Bek kanan Indonesia Asnawi Mangkualam sesaat sebelum dijegal bek kiri Irak Merchas Doski. Foto AFC


Akan tidak heran jika pergelaran Piala Asia 2023 banyak dibumbui kecenderungan wasit-wasit Timur Tengah berpihak untuk sesama tim asal Asia Barat atau Jazirah Arab. Pantauan terakhir bisa disimak dari pertandingan pemanasan di Stadion Mohammed Bin Zayed, Abu Dhabi, Sabtu (30/12/2023).

Pertama kali memainkan bola resmi Piala Asia 2023, VORTEXAC23 buatan Kelme, tuan rumah Uni Emirat Arab (UEA) mengalahkan Kirgizstan 1-0. Kedua kesebelasan sesama kontestan Piala Asia 2023. Kepemimpinan wasit Sami Ahmed dari Arab Saudi menyisakan tanda tanya setelah laga persahabatan internasional ini.

Kartu merah, penalti

Babak pertama menampilkan pertarungan yang seimbang. Pada menit ke-5, penyerang naturalisasi Kirgizstan kelahiran Ghana, Kojo Joel, mempunyai peluang untuk mencetak gol, namun kiper tuan rumah menyelamatkan timnya setelah menepis sundulan sang striker.

Pada menit ke-48, Gulzjigit Alykulov mendapat kartu kuning kedua karena pura-pura jatuh di area penalti lawan. Timnas Kirgizstan memainkan sisa pertandingan dengan sepuluh pemain.