Indonesia dipastikan juara umum ASEAN Para Games 2023

Ini merupakan juara umum yang ketiga kalinya secara berturut-turut (hat-trick).

Indonesia dipastikan menjadi juara umum ASEAN Para Games 2023. Dokumentasi Kemenpora

Indonesia dipastikan keluar sebagai juara umum ASEAN Para Games 2023 Kamboja dan mencatatkan hat-trick. Sebab, selisih signifikan dengan Thailand yang berada di peringkat kedua dan ajang olahraga dua tahunan tersebut akan berakhir pada Jumat (9/6).

"Hari ini sudah bisa dipastikan bahwa Indonesia mendapatkan predikat juara umum Asean Para Games 2023 Kamboja. Dan ini yang ketiga kalinya berturut-turut," ucap Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Dito Ariotedjo, di Phnom Penh, Kamboja, pada Kamis (8/6) waktu setempat.

Ia mengungkapkan, medali emas yang diperoleh kontingen Indonesia kali ini merupakan yang terbanyak sepanjang menjadi peserta ASEAN Para Games di luar sebagai tuan rumah. Hingga Jumat pagi, para atlet Merah Putih membukukan 153 medali emas, 141 medali perak, dan 87 medali perunggu.

"Yang paling spesial adalah perolehan medali emas kita yang terbanyak. Jumlah emas yang didapat adalah tebanyak sepanjang keikutsertaan Indonesia di ASEAN Para Games di luar sebagai tuan rumah," tuturnya.

Menurut Dito, Indonesia masih berpeluang menambahkan raihan medali emas. Sebab, memiliki potensi menjadi juara pertama dalam beberapa cabang olahraga (cabor) yang akan dipertandingkan, seperti para bulutangkis, para tenis meja, para renang, dan para catur.