Iran akan beri kartu SIM khusus bebas blokir jika Ronaldo datang

Jika Ronaldo datang ke Iran, dia tentu harus memasang platform Bale dan Eitaa

The Atletic. Foto: The atletic

Iran bukan negeri yang ramah internet. Warga Negeri Para Mullah tidak membiarkan warganya bebas berselancar di dunia maya. Namun, jika Cristiano Ronaldo datang ke Iran, pembatasan itu bisa dicabut, khusus untuk Bintang Portugal itu.    

Tetapi perlakuan istimewa itu tidak hanya untuk Cristiano Ronaldo. Pemain sepak bola lain yang akan datang ke Iran pun akan mendapat perlakuan khusus, pembebasan akses internet. Pemerintah Iran akan memberikan mereka kartu SIM khusus yang memungkinkan mereka mengakses internet tanpa batasan – sesuatu yang tidak dapat dilakukan oleh warga negara Iran – yang telah membuat marah sebagian orang di Iran.

Reza Darvish, presiden Persepolis FC, klub sepak bola yang akan menghadapi Al Nassr dari Ronaldo dalam pertandingan Liga Champions AFC minggu depan di Teheran, mengatakan kepada televisi pemerintah pada hari Selasa bahwa beberapa orang “yang ingin menodai reputasi klub”. Menurutnya,  pihak tersebut mengatakan kepada para pesepakbola untuk tidak datang ke Iran karena mereka tidak akan memiliki akses ke internet tanpa filter.

“Saya telah berbicara dengan CEO [operator seluler besar] Irancell, dan saya mengatakan kepadanya bahwa kami ingin memberikan kartu SIM Irancell kepada pemain dan personel dengan internet tidak terbatas sehingga mereka dapat menggunakannya sejak mereka memasuki Iran hingga saat mereka berangkat,” dia berkata.

Internet di Iran sangat dibatasi, dan puluhan ribu situs web serta semua platform media sosial dan pesan global utama diblokir.