Jokowi resmikan Papua Football Academy

Jokowi sempat meminta komitmen PT Freeport Indonesia untuk membangun SDM Papua, termasuk di bidang olahraga.

Presiden Jokowi (kiri) meluncurkan Papua Football Academy (PFA) di Stadion Lukas Enembe, Kabupaten Jayapura, Papua, pada Rabu (31/8/2022). YouTube/Sekretariat Presiden RI

Presiden Joko Widodo (Jokowi) meluncurkan Papua Football Academy (PFA) di Stadion Lukas Enembe, Kabupaten Jayapura, Papua, pada Rabu (31/8). Kehadiran PFA diharapkan melahirkan pesepak bola berbakat, seperti Rully Nere, Yohanes Auri, Aples Tecuari, Alexander Pulalo, Boaz Solossa, Elie Aiboy, Ramai Rumakiek, hingga Ricky Kambuaya.

"Ingin seperti mereka, legenda-legenda ini? Jalannya sudah ada, di depan anak-anakku semuanya, yaitu Papua Football Academy," kata Jokowi dalam sambutannya.

Jokowi menuturkan, dirinya sempat meminta komitmen PT Freeport Indonesia (PTFI) untuk membangun sumber daya manusia (SDM) Papua, termasuk di bidang olahraga. Hal tersebut disampaikannya saat pembukaan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua 2021.

"Dan saya minta agar fasilitas-fasilitas yang dipakai untuk PON ini bisa terawat dengan baik dan saya minta dibangun di Papua akademi sepak bola dan hari ini sudah terwujud, yang namanya Papua Football Academy," tuturnya.

Jokowi meminta anak-anak yang tergabung di dalam PFA mendapatkan latihan kedisiplinan dan didampingi pelatih bereputasi baik. Berdasarkan laporan Presiden Direktur PTFI, Tony Wenas, sebanyak 30 peserta PFA adalah hasil seleksi dari 477 anak Papua.