Kalahkan China Taipei, Indonesia jadi juara grup

Shesar Hiren Rhustavito menjadi penentu kemenangan bagi Indonesia melawan China Taipe

Ilustrasi. Pasangan Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto keok dari pasangan Lee Yang/Wang Chi-lin dalam tiga set, pada ajang Thomas Cup. Foto htwitter.com/INABadminton

Timnas bulu tangkis Indonesia dipastikan melenggang ke perempat final sebagai juara Grup A dalam laga Thomas Cup. Kepastian tersebut datang setelah tunggal putra Shesar Hiren Rhustavito, berhasil mencetak kemenangan bagi Indonesia melawan China Taipei di Ceres Arena, Aarhus, Denmark pada Rabu (13/10).

Laga antara Indonesia melawan China Taipei (Taiwan) dimulai dengan kemenangan tunggal putra Anthony Sinisuka Ginting atas tunggal putra andalan China Taipei Chou Tien-chen. Setelah bermain dalam dua set selama 51 menit, Ginting berhasil mengalahkan Chou Tien-chen dengan skor 22-20, 21-16.

Menjelang akhir set pertama, pemain tunggal putra peringkat keempat dunia asal Taipei, tampaknya berada pada jalur menuju kemenangan. Namun, aksi cepat Ginting mampu menyalipnya dan mencetakkan kemenangan pada set pertama untuk Indonesia. Pada set kedua, dominasi Ginting atas Tien-chen telah terlihat sejak mencetak skor kesembilan. Pundi poin pun menjadi Indonesia 1-0 Tionghoa Taipei.

Indonesia menderita kekalahan dalam sektor ganda putra selanjutnya. Pasangan Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto keok dari pasangan Lee Yang/Wang Chi-lin dalam tiga set. Set pertama berhasil dimenangkan Yang/Chi-lin dengan skor 26-28.

Fajar/Rian sempat mengejar ketertinggalan pada set kedua yang berakhir dengan skor 21-16. Namun, China Taipei yang diwakili Yang/Chi-lin kembali memperoleh kemenangan pada set ketiga dengan skor 14-21. Pundi skor kini imbang Indonesia 1-1 China Taipei.