Kiana Kryeziu, atlet ski perempuan pertama Kosovo di Olimpiade

Kryeziu mulai berlomba sebagai pemain ski saat berusia sekitar 10 atau 11 tahun.

Kiana Kryeziu, remaja berusia 17 tahun, akan menjadi atlet perempuan pertama dari negaranya. twitter.com/kosova_press

Kiana Kryeziu, remaja berusia 17 tahun, akan menjadi atlet perempuan pertama dari negaranya Kosovo yang bakal bertanding di Olimpiade Beijing pada Februari. Dia akan berlaga di cabang ski.

"Saya benar-benar tidak berharap itu akan terjadi sedini ini seperti mimpi yang menjadi kenyataan. Ini adalah tujuan besar saya," kata Kryeziu kepada The Associated Press seperti dikutip, Sabtu (29/1).  Selain berlatih dengan keras, dia cukup kesulitan mendapatkan dana sebelum disokong sponsor di samping Federasi Ski Kosovo, Komite Olimpiade dan Kementerian Olahraga.

Kryeziu menambahkan, bahwa dukungan paling penting datang dari ayah dan pelatihnya.

"Partisipasinya di olimpiade adalah pencapaian terbesar dan, siapa tahu, akan ada hasil yang baik," kata pelatihnya Agim Pupovci. Visar Kryeziu, ayah Kryeziu, mengatakan, prestasinya dalam mencapai olimpiade setelah serangkaian pertandingan internasional mengejutkan kami, serta seluruh bangsa.

Kryeziu mulai berlomba sebagai pemain ski saat berusia sekitar 10 atau 11 tahun. "Dan kemudian saya jatuh cinta dengan itu," kata Kryeziu, dengan menyebutnya gairah dan kebahagiaan sejak saat itu. Kemudian ayahnya yang seorang fotografer melihat potensi sang anak.