Liga rugby internasional larang atlet transgender

IRL tidak menetapkan larangan permanen tetapi mengatakan bahwa lebih banyak data akan memutuskan bagaimana mereka memetakan kebijakan.

ilustrasi. foto Pixabay

Badan pengelola liga rugby akan melarang transgender wanita ikut bertanding di liga rugby internasional wanita. Badan pengelola mengatakan bahwa mereka berencana untuk melakukan lebih banyak penelitian sebelum menyelesaikan aturannya seputar kebijakan inklusi.

IRL tidak menetapkan larangan permanen tetapi mengatakan bahwa lebih banyak data akan memutuskan bagaimana mereka memetakan kebijakan inklusi mereka pada tahun 2023.

"Sampai penelitian lebih lanjut selesai untuk memungkinkan IRL menerapkan kebijakan inklusi transgender formal, pemain pria-ke-wanita (transwomen) tidak dapat bermain di pertandingan liga rugby internasional wanita yang dikenai sanksi," kata IRL.

Ia menambahkan: "IRL akan terus bekerja untuk mengembangkan serangkaian kriteria, berdasarkan bukti terbaik, yang secara adil menyeimbangkan hak individu untuk bermain dengan keselamatan semua peserta.

"Untuk membantu mencapai hal ini, IRL akan bekerja sama dengan delapan finalis Piala Dunia Liga Rugbi Wanita 2021 untuk mendapatkan data guna menginformasikan kebijakan inklusi transwomen di masa depan pada tahun 2023, yang mempertimbangkan karakteristik unik liga rugby."