Menpora klaim PON XX sukses

PON XX ini tidak hanya dinilai sukses dalam penyelenggaraan, tetapi juga sukses prestasi dan memberikan dampak ekonomi.

Presiden Jokowi (tengah) membuka gelaran Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua, Sabtu (02/10/2021) malam, di di Stadion Lukas Enembe, Kabupaten Jayapura, Provinsi Papua. Foto twitter.com/setkabgoid

Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali mengungkapkan, penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua yang dimulai sejak 22 September 2021 hingga 15 Oktober 2021, telah berjalan dengan lancar dan sukses tanpa ada gangguan.

PON XX ini tidak hanya dinilai sukses dalam penyelenggaraan, tetapi juga sukses prestasi dan memberikan dampak ekonomi yang baik terhadap masyarakat Papua.

“Target-target yang kami harapkan di awal sebelum PON ini tercapai. Target prestasi, target penyelenggaraan, target ekonomi itu secara keseluruhan saya lihat tercapai,” ujar Menpora Amali yang dikutip dari situs resmi Kemenpora, Jumat (15/10). 

Untuk target penyelenggaraan, menurutnya Papua telah berhasil menjadi tuan rumah yang baik. Hal ini bisa dilihat dari berjalannya segala kegiatan dengan lancar dan tidak ada gangguan yang mengharuskan pertandingan terhenti. 

Selain itu untuk target ekonomi, masyarakat Papua dinilai telah merasakan dampak ekonomi yang luar biasa, bahkan para pelaku usaha juga mendapatkan keuntungan hingga tiga kali lipat.